YBPN Bersama Komunitas dan Kartar Desa Banjarkemantren Gelar Workshop Tari Remo Munali Patah

SIDOARJO – Kesenian menjadi salah satu dari sepuluh objek pemajuan kebudayaan yang sudah tertera pada undang – undang no 5 tahun 2017. Salah satu bentuk kesenian yang ada di kota Udang ini adalah tari Remo Munali Patah. Tari remo yang diciptakan oleh seorang maestro seni bernama Munali yang berasal dari Desa Banjarkemantren.

Sebagai salah satu upaya mendukung UU No 5 Tahun 2017 untuk memajukan kebudayaan, Yayasan Bimasakti Peduli Negeri bersama dengan komunitas Kabut Malam dan Karang Taruna desa Banjarkemantren menggelar kegiatan workshop seni budaya Tari Remo Munali Patah. Kegiatan yang akan dilaksanakan di aula balai desa ini pada Sabtu, (30/09) merupakan rangkaian kegiatan dari puncak peringatan hari Sumpah Pemuda yang akan diadakan pada 21 Oktober mendatang.

Yayasan Bimasakti Peduli Negeri Mendukung Upaya Pelestarian Remo Munali Patah melalui Workshop Tari Remo Munali Patah

Workshop tari Remo Munali Patah ini diikuti oleh perwakilan siswa sekolah dasar yang ada di desa. Mulai dari SDN Banjarkemantren I, SDN Banjarkemantren II dan MIN 1 Sidoarjo. Pemateri workshop tari Remo kali ini adalah Uriyati, yang merupakan anak dari maestro tari dan ludruk Munali Patah, yang merupakan lokal hero dari desa Banjarkemantren.

Tujuan dari kegiatan workshop ini adalah wujud nyata upaya pelestarian kesenian tari Remo Munali Patah, selain itu juga sebagai bagian dari edukasi agar regenerasi penari Remo Munali Patah tetap ada.

Yayasan Bimasakti Peduli Negeri ingin mengajak peserta workshop Tari Remo Munali Patah untuk lebih mengenal dan menghargai sosok lokal hero di bidang kesenian dan kebudayaan yang berasal dari desanya. “Saking besarnya nama Munali Patah di ranah seni dan kebudayaan, dewan kesenian Sidoarjo sampai buat event bertajuk Munali Patah Award sebagai bentuk apresiasi terhadap karya-karya beliau,” ujar  Anggriyan Permana, perwakilan yayasan Bimasakti Peduli Negeri.

Dalam rangkaian kegiatan di bulan Oktober, Wahyu, komunitas Kabut Malam Sidoarjo menambahkan selain workshop tari remo Munali Patah, akan ada pagelaran seni dan budaya di tanggal 21 – 22 Oktober 2023. Pagelaran Seni dan Budaya menjadi puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Back to top