Beberapa operator telekomunikasi seperti Telkomsel, Indosat dan XL mengalami lonjakan trafik data pada masa mudik Lebaran. Masyarakat paling banyak menggunakan internet untuk mengakses media sosial seperti Facebook dan Instagram.
PT Telkomunikasi Indonesia Tbk, misalnya, mencatat trafik layanan data Telkomsel pada malam lebaran (H-1) mencapai 12,89 Petabyte atau naik 22,3% dibandingkan hari biasa. Namun, jumlah itu meningkat 109% dibanding Lebaran tahun lalu.
Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mencatat, penggunaan layanan data pada saat Lebaran meningkat drastis di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik. “Kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan kami optimalkan hingga berakhirnya masa libur Lebaran,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (19/6) malam.
Porsi penggunaan data terbesar adalah untuk media sosial yakni 33,7%, dengan aplikasi yang paling banyak dibuka adalah Instagram 19,3% dan Facebook 13,3%. Porsi kedua yaitu video streaming 31,3%, khususnya untuk menyaksikan siaran langsung pertandingan Piala Dunia 2018 melalui perangkatnya. Alhasil, penggunaan data untuk YouTube sebesar 24,2%.
Setelah itu, porsi penggunaan data terbanyak adalah untuk layanan pesan instan 14,1%, seperti aplikasi WhatsApp, LINE, dan lain sebagainya.
Peningkatan tertinggi terjadi di Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara sebesar 40,5% dibanding hari normal. Secara volume, trafik layanan data di wilayah tersebut merupakan yang tertinggi di tingkat nasional, sebesar 3,77 Petabyte. Tak heran memang, mengingat wilayah-wilayah ini paling banyak didatangi pemudik.
Sementara itu, trafik layanan suara atau telepon pada saat Lebaran menurun 9,8% dibanding hari normal, menjadi sekitar 1,29 miliar menit. Sedangkan trafik layanan SMS pada puncak Lebaran mencapai 594 juta atau turun 2,1% ketimbang hari normal. Dari sisi kualitas layanan, tingkat keberhasilan koneksi data, pengiriman SMS, dan panggilan suara diklaim mencapai 99%.
Tak jauh berbeda dengan Telkomsel, trafik data PT XL Axiata Tbk pada lebaran tahun ini juga naik 30% dibanding hari biasa dan 95% dibanding Lebaran tahun lalu. Penggunaan data itu didominasi oleh streaming video dan musik yang mencapai 47%. Baru kemudian web browsing 16%, instant messaging 13%, dan media sosial 12%.
Begitu pun dengan PT Indosat Tbk, yang memproyeksikan peningkatan trafik data sebesar 83,7% dibanding Lebaran tahun lalu. “Untuk itu, kami meningkatkan kapasitas layanan data menjadi 11.394 TeraByte/hari, untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data saat Lebaran,” ujar Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Deva Rachman kepada Katadata.