Penjualan Menurun Usai Lebaran, Toko Online Siap Rilis Promo Khusus

Perusahaan-perusahaan e-commerce mencatatkan lonjakan penjualan pada periode Ramadan hingga menjelang lebaran. Namun setelah itu, tren penjualan bakal menurun. Untuk mengantisipasi penurunan drastis, beberapa marketplace menerapkan promo khusus.

Elevenia, misalnya, mengadakan program permainan elevenia GOAL yang merujuk pada gelaran Piala Dunia 2018. Melalui program itu, konsumen bakal mendapatkan kesempatan untuk bermain elevenia GOAL dan memenangkan hadiah mingguan berupa TV LED 43 inchi dan paket K Vision.

Selain itu, Elevenia memperbaharui area deals sesuai dengan kebutuhan seusai lebaran, seperti perlengkapan sekolah ataupun kebutuhan rumah tangga. “Sebagai antisipasi penurunan transaksi, kami mempersiapkan program elevenia GOAL dan perbaharuan area deals,” ujar CSMO Elevenia Edward Killian kepada Katadata, Jumat (22/6).

Sementara, Lazada mengadakan promo gratis ongkos kirim (ongkir) untuk pembelian minimal Rp 90 ribu. CMO Lazada Indonesia Achmad Alkatiri optimistis, transaksi masih akan banyak setelah lebaran. Sebab, biasanya Asisten Rumah Tangga (ART) belum bekerja sepekan setelah Lebaran.

Ketiadaan ART ini, kata dia, menjadi peluang guna menarik konsumen yang enggan keluar rumah untuk berbelanja. “Selama periode libur Lebaran, kami terus beroperasi. Begitu juga lazada express (LEX) dan mitra ekspedisi kami tetap beroperasi,” ujar Achmad.

Perusahaan e-commerce lain, yakni Bukalapak bahkan telah mengantisipasi penurunan transaksi sejak jauh-jauh hari. Caranya, memberikan potongan harga yang berlaku sejak sebelum hingga setelah Lebaran seperti promo BUKAYANGBAIK, dengan uang kembali (cashback) 20%.

“Tren transaksi di minggu akhir Ramadan cenderung menurun. Namun tidak begitu signifikan,” ujar Corporate communication Manager Bukalapak Evi Andarini.

sumber : https://katadata.co.id/berita/2018/06/23/penjualan-menurun-usai-lebaran-toko-online-siap-rilis-promo-khusus