Peringatan Hari Raya Idul Adha 1441 H, Bimasakticare Salurkan Hewan Qurban di Daerah 3T

TULUNGAGUNG (31/07/2020) – Peringatan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, tim BimasaktiCare membagikan hewan qurban ke beberapa titik yang tersebar di beberapa wilayah di Jawa Timur dan Yogyakarta. Salah satu daerah penyaluran hewan qurban berlokasi didaerah yang masih terpencil yang terletak di daerah pesisir selatan di Kabupaten Tulungagung. Tepatnya ada di Desa Panggungkalak , Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung.

Desa Panggungkalak , Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung dihuni kurang lebih 400 Kepala Keluarga (KK). Lebih dari 50% dari jumlah KK tinggal diatas tanah milik Perhutani dan TNI. Mereka menggantungkan hidup dengan mengelola tanah milik Perhutani dan TNI.

Sebagian besar penduduk pada daerah tersebut bermata pencaharian sebagai petani. Berdasarkan data dari Pemerintah Desa setempat, lebih dari 80% warganya bekerja sebagai petani. Komoditas pertanian utama pada daerah tersebut adalah tanaman jagung dan ketela. Sistem pertanian di daerah tersebut menggunakan sistem tadah hujan dengan umumya penanaman sekali dalam setahun yaitu pada akhir musim hujan.

Pertanian sistem tadah hujan dipilih karena sulitnya sumber air. Sumber mata air pada daerah tersebut hanya satu dan digunakan untuk kehidupan sehari. Bahkan pada musim kemarau untuk kehidupan sehari-sehari, air yang mengalir hanya dua hari sekali dan dibagi secara bergiliran. Sebagian besar warga berharap agar segera ditemukan sumber mata air baru dan dibagun embung untuk penampungan air hujan sehingga mampu mengairi ladang pertanaman mereka dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pada peringatan Hari Raya Qurban, di desa Panggungkalak tersebut jarang untuk melaksanakannya. Biasanya masyarakat disana membeli hewan qurban dari amal jariyah masjid atau dari iuran warga. Untuk itu, kami menyerahkan 3 ekor kambing kepada warga Desa Panggungkalak yang diwakili oleh Sekdes dan Kaur Umum Pemerintah Desa setempat. Semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat. Semoga dapat menginspirasi kita semua. (BAP)

#BimasaktiPeduli #BimasaktiBerbakti #BimasaktiCareuntukIndonesia

Back to top