Fintech Harus Berkolaborasi Dengan Institusi Keuangan

Jakarta, CNBC Indonesia – Sudah tidak zamannya lagi industri teknologi finansial (financial technology/fintech) bekerja sendiri. Sekarang zamannya fintech berkolaborasi dengan industri keuangan. Hal ini merupakan pernyataan Direktur Bank Mandiri Rico Usthavia.

“Sekarang bukan lagi fintech yang 1.0, atau berjalan sendiri, tapi fintech sudah 4.0, artinya berkolaborasi dengan institusi keuangan,” ujar Rico Usthavia Frans aat ditemui di Hotel JS Luwansa, Kamis (29/3/2018).

Kolaborasi dengan fintech, menurut Rico mutlak dilakukan karena bank dan fintech memiliki kelebihan yang bisa disinergikan.”Kalau fintech kan manusianya muda-muda dan usahanya juga unregulated, sedangkan bank sangat high regulated, tapi dekat dengan regulator dan kedua dunia ini bisa digabungkan,” ungkap dia.

Sejauh ini, dia menyebutkan, Bank Mandiri sudah mulai bekerjasama dengan fintech. Kerjasama yang dilakukan perseroan adalah dengan berkolaborasi atau memiliki fintech secara langsung.

Adapun pemilikan fintech dilakukan melalui Mandiri Capital Indonesia. Dia menyebutkan, pihaknya sudah berinvestasi di tujuh startup yang bergerak di bidang pembayaran, pembiayaan dan lainnya. (roy/roy)

sumber : https://www.cnbcindonesia.com/fintech/20180329175441-37-9088/fintech-harus-berkolaborasi-dengan-institusi-keuangan