Mengenal Merchant Discount Rate (MDR)

Jika kalian pengguna kartu kredit mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Merchant Discount Rate (MDR). MDR sendiri selalu ada disetiap transaksi yang Anda lakukan melalui kartu kredit.

MDR adalah potongan atau fee yang dibebankan kepada pihak merchant atau pemilik outlet terkait dengan kegiatan transaksi yang dilakukan pada mesin EDC (Electronic Data Capture).

EDC (Electronic Data Capture) sendiri mesin yang dipakai sebagai alat gesek kartu kredit maupun debit. Potongan yang dikenakan ditiap transaksi tentu bervariasi, tergantung kesepakatan antara pihak bank dan pemilik outlet (merchant). Biasanya besaran jumlah yang dibebankan pada pihak merchant berkisar antara 1 hingga 2,5%.

Sebagai contoh :

Seseorang melakukan pembayaran melalui kartu kredit sebesar Rp 500.000,-. Biaya MDR yang disepakati sebelumnya misalnya sebesar 2%. Dana tadi otomatis akan langsung terpotong sebesar Rp 10.000,-.  Jadi dana yang masuk pada rekening pemilik outlet (merchant) hanya sebesar Rp 490.000,-.

Bagi restoran keuntungan yang dimiliki mungkin lebih banyak bila dibandingkan dengan toko elektronik maupun perhiasan. Pada toko elektronik biasanya akan membebankan MDR kepada konsumen, sebab keuntungan yang didapatkan toko elektronik tidak sebanyak restoran.

Apabila harga yang dipasang toko elektronik disamaratakan dengan konsumen yang tidak menggunakan kartu kredit tentu harganya akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan toko elektronik yang lain, sebab harga elektronik disemua outlet umumnya hampir sama.

Namun tidak sedikit bank pembuat kartu kredit mengajak pihak merchant untuk melakukan kerja sama. Semisal pihak merchant memberikan potongan harga atau discount khusus kepada pengguna salah satu bank pembuat kartu kredit.

Keuntungan bagi konsumen yaitu mendapatkan promo harga yang lebih murah bila dibandingkan konsumen yang tidak menggunakan kartu kredit. Pihak merchant-pun tidak serta merta mengalami kerugian. Konsumen membayar dengan kartu kreditpun sudah menjadi keuntungan untuk pihak merchant, sebab semakin besar volume transaksi kartu kredit maka margin yang diperoleh tentu akan semakin tinggi.

Sebagai merchant menghitung keuntungan terlebih dahulu sebelum menetapkan harga adalah suatu hal yang penting. Pastikan Anda sudah mendapatkan keuntungan diluar biaya transaksi kepada konsumen.

gambar-web-6b

sumber : http://infogestun.com/mengenal-merchant-discount-rate-mdr/

About Author